dimanche 19 février 2012

PEMIKIRAN UCAPAN TINDAKAN BUNG KARNO

           Seperti yang kita ketahui Soekarno adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945-1966 dengan nama lahir Koesno Sosrodihardjo lahir di Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. Bung Karno adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama Bung Hatta yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Walaupun Bung Karno sudah wafat namun namanya masih dikenang sampai detik ini. 
           Abraham Lincoln, berkata: "one cannot escape history, orang tak dapat meninggalkan sejarah", tetapi Bung Karno menambahkan : "Never leave history". inilah sejarah perjuangan, inilah sejarah historymu. Peganglah teguh sejarahmu itu, never leave your own history! Peganglah yang telah kita miliki sekarang, yang adalah AKUMULASI dari pada hasil SEMUA perjuangan kita dimasa lampau. Jikalau engkau meninggalkan sejarah, engkau akan berdiri diatas vacuum, engkau akan berdiri diatas kekosongan dan lantas engkau menjadi bingung, dan akan berupa amuk, amuk belaka. Amuk, seperti kera kejepit di dalam gelap. Begitulah sepenggal pidato Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1966.
          Namun nyatanya bangsa Indonesia sudah melupakan sejarah-sejarah masa lalu demi modernisasi. Keadaan bangsa saat ini semakin porak poranda akibat ulah dari pemimpin, pejabat, bahkan dari rakyat itu sendiri, yang membuat kita semakin kehilangan identitas sebagai bangsa Indonesia. Tapi saya tidak ingin menjabarkan satu-persatu permasalahan bangsa kita saat ini, karena jumlahnya tak terhingga seperti amoeba di danau Toba. 
           Mari kita membuka kembali lembaran-lembaran ideologi Sang Penyambung Lidah Rakyat yang akan menjadi bensin untuk membakar semangat kita, terutama kaum muda yang berperan penting dalam meneruskan perjuangan untuk menjadikan bangsa Indonesia yang BERPANCASILA.

TRISAKTI              
Dalam pidatonya menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1964, Bung Karno mengambil judul “Tahun Vivere Pericoloso” yang antara lain mengungkapkan tiga paradigma besar yang bisa membangkitkan Indonesia menjadi bangsa yang besar baik secara politik maupun ekonomi. Konsep tersebut di sebut TriSakti : 


1. BERDAULAT DALAM BIDANG POLITIK, Seperti yang telah kita ketahui bersama, bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing berabad – abad lamanya. Pada kondisi bangsa berada dalam cengkeraman kolonialisme, maka kemerdekaan tidak dimiliki oleh bangsa kita dan pada saat yang sama tidak ada lagi kedaulatan politik karena semua sektor telah diintervensi oleh bangsa lain. Padahal sebuah bangsa memiliki hak untuk mengatur dirinya sendiri. Sehingga Bung Karno menegaskan bahwa kedaulatan politik bangsa Indonesia sudah mutlak untuk diwujudkan dengan menolak segala bentuk intervensi bangsa lain. Bung Karno menyatakan, “Nation building dan character building harus diteruskan sehebat-hebatnya demi menunjang kedaulatan politik kita.”
Ketegasan sebagaimana yang ditunjukkan oleh bapak Proklamator di atas sejalan dengan konsep kemerdekaan yang dilontarkan oleh filosof terkemuka dari Jerman, Martin Heidegger, yang menyimpulkan bahwa “manusia sesungguhnya ditakdirkan untuk merdeka.”


MEMOHON KEPADA TUHAN. Bung Karno berdoa usai memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. ”Kita memproklamirkan negara ada gampang, tapi mempertahankan negara, memiliki negara agak sukar. Hanja Rakjat jang mempunjai rasa penuh tanggung-djawab tadi, tidak bosanan, itulah jang mendapat negara jang abadi. Barang siapa jang ingin mutiara harus berani terdjun dilautan jang dalam. Djanganlah lembek, mohon pada Tuhan supaja bangsa Indonesia menjadi satu bangsa jang djaja didunia, menjadi bangsa kuat dan tabah.” 17 Agustus 1946

LAKSANA OBOR. Bung Karno berorasi di depan rakyat Jakarta yang menyambutnya di depan Istana Merdeka sekembali dari “Kota Hijrah”, Yogyakarta, pada 1949. Tampak Dr. Johannes Leimena, pernah menjadi Menteri Kesehatan, Dr. Anak Agung Gde Agung, pernah menjabat Menteri Luar Negeri, dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX , pernah menjadi Menteri Pertahanan. “Jangan lupa akan penderitaan perintis dan pelopor kemerdekaan bangsamu. Mereka telah mendahului kamu sekalian! Mereka tidak mewariskan kemewahan bagimu pribadi masing-masing. Melainkan mereka mewariskan amanat penderitaan rakyatmu; amanat yang mengandung pesanan dua, yakni: Pertama: Jagalah Negara Kesatuan Republik Indonesia; Kedua: Bangunkanlah masyarakat gotong royong, adil dan makmur, bebas dari penghisapan dan kemelaratan. Peganglah teguh dua amanat penderitaan ini. Peganglah teguh, laksana obor yang diserahkan padamu untuk kamu nyalakan terus menyinari jalan perjuangannya Bangsa dan Negara.” Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 1959


REPUBLIK YANG BERDAULAT. Bung Karno menyambut rombongan pawai pemuda-pemudi Indonesia peserta Kongres Pemuda di Alun-alun Utara Yogyakarta pada November 1945. “...berusahalah, berjuanglah, peraslah engkau-punya tenaga dan keringat, agar supaya negara Republik Indonesia yang berwilayah kekuasaan dari Sabang sampai ke Merauke menjadi negara yang kuat, Republik yang kuat, Republik yang berdaulat, Republik yang disegani dan dihormati oleh seluruh umat manusia di dunia ini...” Bung Karno, Mubes Tani, 20 Juli 1965.
          
          
2. BERDIKARI DALAM EKONOMI, Bung Karno mengingatkan kita betapa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA) baik di daratan maupun di laut. Akan tetapi kekayaan SDA ini belum membangkitkan ekonomi nasional dikarenakan tingkat ketergantungan terhadap pranata ekonomi asing sangat tinggi. Dengan melihat fakta ini maka Bung Karno mengemukakan bahwa penting sekali bangsa Indonesia untuk berdiri di atas kaki sendiri dalam mengatur perekonomian demi kesejahteraan rakyat. Ketergantungan yang tinggi terhadap ekonomi bangsa lain menurut Bung Karno tidak akan menjamin kesejahteraan rakyat justru sebaliknya berpotensi menimbulkan resesi ekonomi nasional yang berkepanjangan. Apa yang menjadi kekhawatiran Bung Karno terbukti, terutama ketika bangsa Indonesia era Orde Baru mulai berafiliasi dengan lembaga keuangan internasional seperti IMF dan lain – lainnya, bangsa Indonesia tidak bisa menghindarkan diri dari krisis ekonomi yang dampaknya terasa hingga hari ini.

PATUNG MARHAEN. Bung Karno dan pegawai Karumga sedang memeriksa patung Marhaen yang ada di pekarangan istana. “aku katakan bahwa kaum tani adalah sokoguru daripada Revolusi Indonesia, tetapi juga oleh karena cita-cita Revolusi Indonesia ini hanyalah bisa terlaksana dengan keringatnya kaum tani pula. Jikalau tidak dengan keringat kaum tani, mana bisa kita mencapai satu masyarakat adil dan makmur, cukup sandang, cukup pandang, gemah-ripah loh-jinawi. Tidak bisa, Saudara-saudara. Mana pemimpin yang berani mengatakan bahwa ia bisa mengadakan satu masyarakat yang adil dan makmur tanpa kaum tani? Mana pemimpin kaum buruh yang berani mengatakan bahwa ia bisa mendatangkan satu masyarakat yang adil! dan makmur hanya dengan tenaga buruh saja? Jikalau tidak dengan tenaga kaum tani pula?” (Mubes Tani Seluruh Indonesia, tanggal 20 Juli 1965).
Marhaen dan Marhaenis Bersatu.“Pada satu waktu saya sampai kepada suatu saat memerlukan satu nama umum bagi semua yang kecil-kecil ini. Ya buruh, ya tani, ya pegawai, ya nelayan dan lain-lainnya, semuanya tidak ada yang besar, melainkan kecil-kecil semuanya. Lantas saya beri nama kepada semuanya itu Marhaen!". Marhaenisme berarti: faham nasionalisme Indonesia yang memihak kepada Marhaen. Siapa saja nasionalis Indonesia yang berpihak pada Marhaen, adalah seorang Marhaenis. Baik orang Marhaen sendiri maupun intelektual, yang memihak pada Marhaen adalah Marhaenis. (Fikiran Ra’jat, 1 Juli 1932)

PENGKHIANAT. Salah satu ekspresi Bung Karno saat berorasi di Semarang, Jawa Tengah. “Aku pernah berkata, ada orang kaya raya, auto Impala, auto Mercedes, gedungnya tiga, empat, lima tingkat, tempat tidurnya kasurnya tujuh lapis mentul-mentul. Tiap-tiap hari makan empat, lima, enam, tujuh kali. Ya, seluruh rumahnya itu laksana ditabur dengan ratna mutu manikam, kakinya tidak pernah menginjak ubin, yang diinjak selalu permadani yang tebal dan indah. Tapi orang yang demikian itu, pengkhianat. Tapi orang yang demikian itu menjadi kaya oleh karena korupsi. Orang yang demikian itu di wajah-Nya Tuhan yang Maha Esa, adalah orang yang rendah. Di wajah Tuhan Yang Maha Esa dia adalah orang yang rendah!” Bung Karno, Kongres Persatuan Pamong Desa Indonesia, 12 Mei 1964.
 
3. BERKEPRIBADIAN DALAM BUDAYA, Aspek budaya bagi Bung Karno sama pentingnya dengan aspek lainnya. Bangsa Indonesia harus menghormati budaya warisan nenek moyang dan menghargai nilai – nilai luhur kebudayaan di masyaraskat. Karakter dan kepribadiaan budaya Nusantara haruslah di jaga dan dilestarikan. Misalnya budaya gotong royong yang melambangkan kolektifitas sebuah komunitas yang guyub dan berbagai karya budaya yang mewarnai dunia seni. Pemerhati budaya Indonesia terkemuka dari Amerika, Profesor Benedic Anderson banyak sekali mengungkapkan kekayaan budaya Nusantara, seperti budaya Jawa yang kaya akan nilai luhur. Misalnya di katakan bahwa masyarakat Jawa sangat menghargai aturan yang formal. Etika dan aturan yang lahir dari keputusan formal pasti akan dilegitimasi secara kolektif oleh masyarakat. Kandungan budaya seperti ini sangat bagus dalam memperkuat demokrasi karena proses demokratisasi pada beberapa sisi mengandung etika dan nilai – nilai yang formal. Ini membuktikan keyakinan Bung Karno bahwa budaya kita adalah budaya yang luhur dan mendukung kepribadian bangsa Indonesia.


WAYANG & DALANG. Bung Karno beserta Sudiro, Gubernur DKI Jakarta 1953-1960, sedang mengagumi wayang Gatokaca karya Tjermo Suwedo. Gatokaca merupakan perlambang patriot sejati yang selalu bersedia mempertarukan segalanya demi tanah air, bangsa dan rakyatnya. Bung Karno dikenal sebagai penggemar seni wayang. Dulu di Istana Negara, setiap bulan selalu diadakan pergelaran wayang kulit yang dimainkan dalang ternama asal Jakarta, Ki Gitosewoko. Kata Dalang dalam singkatan makna Jawa berarti membeberkan ilmu.

SENIMAN INDONESIA. Menciptakan seorang seniman itu lebih berat daripada menciptakan sepuluh insinyur. Ir. Soekarno akrab dengan seni, akrab dengan seniman. Seniman dan seni adalah dua segi dari satu kecintaan. Bung Karno berbincang-bincang dengan para seniman Indonesia di Istana Merdeka, pada 1950. Dari kiri ke kanan Ernest Dezentje (Pelukis berdarah Indo-Sunda), Lee Man Fong (dikenal sebagai Perintis Pelukis Asia Tenggara), Hendra Gunawan (Pelukis dan Pematung), Henk Ngantung (Pelukis, Gubernur DKI Jakarta; 1964-1965), Affandi Koesoema (Maestro Seni Lukis Indonesia) dan Sindudarsono Sudjojono (Bapak Senirupa Modern Indonesia).
 
TINGGALKAN PIKIRAN KOLOT. Bung Karno pakai stelan safari putih, di papan tulis tertera huruf e pepak, pada awal 50an. “Mari kita maju melompat, mari kita tinggalkan pikiran-pikiran kolot, mari kita banting stir, banting stir – karena tidak ada kemungkinan lain, karena jalan lain yang lebih mudah dan lebih aman tidaklah ada.” Bung Karno, Berdikari, 11 April 65.



  Bersambung..

5 commentaires:

  1. http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/ini-jadwal-puasa-dan-imsakiyah-ramadan.html
    http://ligautama8888888.blogspot.com/2017/05/tribun-home-gosipi-cinema-tv-musik-foto.html
    http://ketawabersama777.blogspot.com/2017/05/lewat-instagram-istri-ahok-dan-istri.html
    http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/bukan-syuting-sheila-marcia-kecelakaan.html
    http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/apa-saja-syarat-untuk-miliki-rumah.ht

    Bosan Yuk Di Baca Bersama - sama

    WWW.LIGAUTAMA.COM

    RépondreSupprimer
  2. http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/ini-jadwal-puasa-dan-imsakiyah-ramadan.html
    http://ligautama8888888.blogspot.com/2017/05/tribun-home-gosipi-cinema-tv-musik-foto.html
    http://ketawabersama777.blogspot.com/2017/05/lewat-instagram-istri-ahok-dan-istri.html
    http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/bukan-syuting-sheila-marcia-kecelakaan.html
    http://beritamenarik888.blogspot.com/2017/05/apa-saja-syarat-untuk-miliki-rumah.ht

    Bosan Yuk Di Baca Bersama - sama

    WWW.LIGAUTAMA.COM

    RépondreSupprimer
  3. http://agenpelangi4d.blogspot.com/2017/06/polda-sumur-akan-cabut-jabatan-kapolres.html
    http://beritaterkinipelangi4d.blogspot.com/2017/06/narapidana-ini-berbuka-puasa-dengan.html
    http://wikipelangi88.blogspot.com/2017/06/juventus-akan-memengkan-ucl-nanti-malam.html
    http://seputarpelangi4d.blogspot.com/2017/06/ac-milan-inginkan-joe-hear-pergi-ke.html
    http://agenbettingpelang4d.blogspot.com/2017/06/gubernur-dki-jakarta-ini-yakinkan.html

    RépondreSupprimer



  4. http://mynewgooger.blogspot.com/2017/06/blog-post_22.html
    http://myyangkasabola.blogspot.com/2017/06/real-madrid-yang-kejam-sebelum.html
    http://vipbola88.blogspot.com/2017/06/ingin-bantu-perangi-teroris-ini-yang.html



    AGEN TERBESAR DAN TERPECAYA SEASIA DAN TIDAK HANYA MENJANJIKAN SEBUAH JANJI MELAINKAN SEBUAH KEPASTIAN
    JOIN SEKARANG JUGA DAN JADILAH MILLIYARDER DISINI BOSKU


    PROMO ANGKASABOLA

    MINIMAL DEPO & WD HANYA 50 RIBU BOSS
    HANYA DENGAN 1 USHER ID SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAMES BOS SEPERTI :
    SPORTBOOK
    TOGEL
    POKER
    TANGKAS
    TOGEL
    KENO
    SLOT
    GD88
    855 CROWN

    DAN MASI BANYAK LAGI PERMAINAN LAINYA YANG TIDAK KALAH SERUNYA LOH BOSKU


    KAMI JUGA MEMILIKI BEBERAPA BONUS MENARIK BOSKU

    1. BONUS CASHBACK 5%
    2. BONUS REFFERAK 2,5%
    3. BONUS ROLLINGAN CASINO 0,8%

    ANGKASABOLA JUGA MEMILIKI BANYAK KEUNGGULAN LOH BOSKU SEPERTI

    1. PROSES DEPO WD CEPAT TIDAK SAMPAI 1 MENIT BOSKU
    2. FAST REPLAY LIVECHAT 24 JAM BOSKU
    3. LANGSUNG DILAYANI OLEH CS KAMI YANG CANTIK DAN RAMAH BOSKU
    4. PRIORITAS CS KAMI ADALAH KEPUASAN MEMBER
    5. MEMBERIKAN SARAN DAN TIPS AGAR MENANG BANYAK
    6. 100% PLAYER VS PLAYER NO ROBOT

    RAGU ? BUKTIKAN SEKARANG JUGA DAN LANGSUNG SAJA BERGABUNG DENGAN KAMI DI WWW.ANGKASABOLA.COM

    KAMI TUNGGU KEHADIRAN NYA YAH BOSKU

    LANGSUNG SAJA INFO KAMI YAH BOSKU

    RépondreSupprimer
  5. http://mynewgooger.blogspot.co.id/2017/06/benarkah-garuda-indonesia-terancam.html

    http://vipbola88.blogspot.co.id/2017/06/blog-post_16.html

    http://myangkasabola.blogspot.co.id/2017/06/blog-post_16.html



    ANGKASABOLA

    AGEN JUDI ONLINE TERBESAR DAN TERPECAYA SE-ASIA

    HANYA DENGAN 1 USHER ID SAJA SUDAH BISA BERMAIN SEMUA GAME
    SEPERTI

    1. SPORTBOOK
    2. TOGEL
    3. TANGKAS
    4. KENO
    5. SLOT
    6. GD88
    7. 855 CROWN
    8. POKER

    MINIMAL DEPO DAN WD HANYA 50 RIBU BOSKU
    DAN PELUANG BESAR UNTUK JP BOSKU


    ANGKASABOLA JUGA MEMILIKI BEBERAPA KEUNGGULAN BOS SEPERTI :

    1. PROSES DEPO WD CEPAT TIDAK SAMPAI 1 MENIT
    2. LANGSUNG DILAYANI OLEH CS PROFFESIONAL DAN CANTIK
    3. RESPON LIVECHAR CEPAT
    4. SELALU MENDOAKAN MEMBER AGAR MENANG BANYAK
    5. KEPUASAN MEMBER ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

    JANGAN TUNGGU LAGI LANGSUNG JOIN DENGAN KAMI

    BBM : 7B3812F6
    TWITTER : CSANGKASABOLA
    INSTAGRAM : CS1ANGKASABOLAA
    FACEBOOK : ANGKASA BOLA
    LINE : ANGKASABOLA

    KAMI TUNGGU KEHADIRANYA YAH BOSKU

    RépondreSupprimer